Eva Hariyanti, S.Si., MT.

Berpacu menjadi yang terbaik

Pendekatan Pengembangan Sistem Informasi

29 November 2011 - dalam Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Oleh evahariyanti-fst

Sebelum berbicara tentang beberapa pendekatan dalam pengembangan sistem informasi, berikut ini akan disampaikan terlebih dahulu tentang sejarah perkembangan dan pengembangan sistem informasi.

  • 1950-an: fokus pada efisiensi proses yang ada dengan melakukan otomatisasi.
  • 1960-an:  penemuan komputer generasi ke-3(3GL) yang lebih  cepat dan reliabilitasnya lebih baik.
  • 1970-an: pengembangan sistem berkembang  menjadi seperti disiplin teknik.
  • 1980-an: berkembang komputer generasi ke 4(4GL), tersedia CASE tools, metode berorientasi objek.
  • 1990-an: fokus pada integrasi sistem, platform client/server, internet.
  • Abad baru: Pengembangan aplikasi berbasis web, wireless PDA, aplikasi berbasis komponen

Pada bagian selanjutnya, akan diuraikan tentang 3(tiga) pendekatan dalam pengembangan sistem informasi, yaitu pengembangan berorientasi proses, pengembangan berorientasi data, dan pengembangan berorientasi objek.

Pendekatan Berorientasi Proses

Pendekatan ini fokus pada aliran, penggunaan, dan trasformasi data di dalam sistem informasi. Meliputi penciptaan representasi grafik seperti diagram aliran data(data flow diagram), bagan alir(flow chart), dan sebagainya. Pada pendekatan ini, data dilacak mulai dari asal/sumbernya, dikelola dalam beberapa proses/tahapan, sampai ke tujuan akhirnya. Kelemahan dari pendekatan ini adalah struktur dasar/alami dari data tidak tergambarkan dengan baik dan data terikat pada suatu aplikasi tertentu.

Pendekatan Berorientasi Data

Pendekatan ini menggambarkan struktur dasar dari data, lepas dari dimana dan bagaimana data tersebut digunakan. Model data mendeskripsikan jenis/macam data dan hubungan antar data (E-R Diagram). Aturan bisnis menentukan bagaimana organisasi mengambil dan memproses data tersebut. Pendekatan ini biasanya fokus untuk perancangan basis data. Pada pendekatan ini, data didefinisikan lepas dari aplikasinya.

Pendekatan Berorientasi Objek

Pendekatan berorientasi objek mendeskripsikan sistem sebagai kelas(sekumpulan) objek dan keterhubungannya. Sebuah kelas objek merupakan abstraksi dari sehimpunan objek dengan atribut dan layanan(operasi) yang sama. UML menjadi standar untuk pemodelan berorientasi objek.


Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :